Beranda · Tips SEO · ense Tips · Templates · Senjata Ngeblog · Sitemap ·

Jenis Blog Yang Wajib di Ketahui Bagi Blogger Pemula

Kebanyakan blogger pemula mendapatkan jalan buntu. Tak sedikit yang kebingungan tentang masalah dasar Blog yang seharusnya sudah dimengerti sebelum membuat blog itu sendiri. Dalam postingan kali ini, saya akan berbagi pengetahuan tentang 5 Jenis Blog yang ada di Internet, supaya sobat blogger pemula seperti saya tau macam-macam blog yang berkembang di dunia maya dan bisa menjadi referensi yang nantinya akan memajukan blog sobat:

Baca Juga: Waktu Yang Di Butuhkan Untuk Menghasilkan Uang dari Google Adsense

Blog Pribadi

Blog pribadi adalah blog yang biasanya di buat hanya untuk sekedar mengisi waktu luang pemiliknya. Biasanya blog jenis ini berisi tentang kegiatan sehari-hari. Blog jenis ini pun tidak ditujukan untuk dimonetisasi (menghasilkan uang). Karena fungsinya yang hanya sebagai hobi / pengisi waktu luang, pemilik blog ini akan tetap enjoy dalam proses ngeBlognya.

Blog Otoritas

Blog otoritas atau bahasa kerennya yakni Authority Blog adalah blog yang di buat oleh blogger yang benar-benar serius. Biasanya pemilik blog ini sudah menguasai materi bahasan pada blog jenis Authority ini.

Pada sisi menggaet pengunjung, tidak hanya mengandalkan mesin pencari seperti google, bing ataupun yahoo. Namun media sosial juga menjadi sasaran promosi gratis yang menjanjikan banyak visitor, seperti di media sosial Facebook, Twitter, Instagram dll.

Selain itu pada sisi konten, blog otoritas biasanya tidak mementingkan kata kunci karena target pengunjung bukan berada di mesin pencari melainkan di media sosial. Topik yang di bahas pun bisa sampai ratusan bahkan ribuan karena topik yang di bahas luas (seperti: kesehatan, teknologi, blogging, otomotif dll)

Blog Niche

Jika blog otoritas tidak terpaku dalam kata kunci, berbeda halnya dengan blog niche. blog dengan jenis ini sangat mementingkan kata kunci tertentu yang sekiranya sering di cari oleh pengunjung. Pembuatan blog ini memiliki pola:
  • Mencari kata kunci
  • Pembuatan konten
  • Optimasi di mesin pencari
Dari sisi pengunjung, jenis blog ini sangat bergantung kepada unique visitor / pengunjung yang berasal dari mesin pencari sehingga para pemilik blog sangat sibuk untuk meningkatkan kualitas blog supaya dipandang oleh mesin pencari. Meningkatkan kualitas blog dapat dilakukan dengan cara mencari backlink dari beberapa blog berkualitas supaya bisa masuk page pertama pada mesin pencari google untuk kata kunci yang di bidik.

Kelemahan terbesar dari blog ini adalah bisa banyak kehilangan 20%-75% pengunjung akibat perubahan algoritma google pencarian. Blog-blog besar pun pernah merasakan kehilangan banyak pengunjung akibat perubahan yang dilakukan oleh google ini contohnya seperti blog sugeng.id.


Blog Perusahaan

Sudah banyak perusahaan yang menambahkan blog ke websitenya. Tujuannya tak lain adalah untuk menginformasikan hal penting seputar perusahaan, mengenalkan produk dan jasa serta berkomunikasi dengan calon pelanggan.

Blog Spam

Membaca namanya saja sudah horor, bhahahak. Blog spam adalah blog yang tidak mementingkan kualitas. Biasanya berupa blog AGC (automatically generated content) yang bisa dibuat dengan mudah dalam jumlah masif. Pemilik blog hanya perlu menggunakan software / Plugin / Kode untuk mengambil konten dari blog-blog / website milik orang lain.

Blog jenis ini sering mendapat komplain dari pemilik blog / website yang merasa konten dari blog nya telah di curi oleh pemilik blog yang menggunakan software AGC.



Dengan mengetahui beberapa tipe blog, nantinya sobat akan tau blog apa yang akan sobat buat. Terimakasih.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis Blog Yang Wajib di Ketahui Bagi Blogger Pemula"

Post a Comment